PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Tingkatkan Kapasitas SDM, BSIP Babel ikuti Pelatihan Petugas Pengambilan Contoh (PPC)




#SiPren, BSIP Kepulauan Bangka Belitung mengikuti Pelatihan Petugas Pengambil Contoh (PPC) yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP). Acara yang bertempat di Semarang, 11-13 Desember 2023, diikuti oleh 123 peserta. Pelatihan PPC dibagi menjadi lima kelas yaitu air, tanah, pupuk, benih dan pakan. 
 
Sekretaris BSIP (Dr. Ir. Harris  Syahbuddin, DEA), dalam pembukaanya menyatakan “BSIP adalah badan baru di Kementan dan bukan pengganti dari Badan Litbang. Guna menunjang tupoksi dalam standardisasi Instrumen Pertanian, BSIP berupaya meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui berbagai pelatihan. 
 
Pelatihan PPC kelas benih diikuti oleh 23 peserta.  Badan standar Nasional (BSN), sebagai narasumber, memberikan materi, diskusi dan pengerjaan tugas serta praktek di lapangan. Praktek pengambilan contoh benih dilakukan di Produsen  Benih Anugerah Tani, Desa Barukan, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.  PPC bisa dilakukan secara individu atau organisasi yang telah mempunyai kompentensi dan sertifikat yang diakui BSN. PPC bisa melakukan pekerjaan atas perintah dari Instansi Pemerintah atau Swasta yang membawahi  pengawasan dan sertifikasi mutu benih. Adapun benih yang dapat dapat diuji adalah benih tanaman pangan dan hortikultura.