PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Bangka Belitung

Sinergi penerapan SNI dan IG untuk Meningkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing Lada Putih Bangka Belitung




 Pangkalpinang- Kamis, 25 Januari 2024 Kepala BSIP Babel menghadiri Promosi dan Diseminasi Indikasi Geografis (IG) Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumhan Babel di Ballroom Hotel Swissbell Pangkalpinang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai pentingnya perlindungan Indikasi Geografis utamanya bagi sentra Kekayaan Intelektual (KI) dan bagi unsur ASN Lingkup Bangka Belitung.

 
Acara sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Babel, Dr. Syafrizal, Z.A., M.Si dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, MPIG (Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis), AsN lingkup Babel, dan sentra KI lainnya. Kemudian acara dirangkai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kanwil Kemenkumham Babel dengan Universitas Pertiba Babel. Selanjutnya, pemberian penghargaan pada 6 instansi untuk 6 kategori, meliputi: 1. Peningkatan pencatatan Hak Cipta terbanyak kategori Universitas (UBB); 2. Pendaftaran merek terbanyak tahun 2023 (Disperindag Kota Pangkalpinang); 3. Pencatatan KIK terbanyak tahun 2023 (Disbudpar Kab. Bangka); 4. Pendaftaran IG Madu Teran (MPIG Madu Teran Kab. Belitung Timur); 5. Partisipasi aktif dalam memfasilitasi pendaftaran KI bagi pelaku UMKM (Disbudpar Kab. Bangka Barat); dan 6. Dukungan dalam memfasilitasi (Disperindag Babel).
 
Saat ini Bangka Belitung telah memiliki 2 IG terdaftar, yaitu: Lada Putih Muntok (Muntok White Pepper) pada tahun 2010 dan Madu Teran Belitung Timur pada tahun 2023. Pada sosialisasi ini dihadirkan 6 narasumber ahli, yaitu:  Direktur Merek dan IG DJKI Kemenkumham (Kurniaman Telaumbanua, S.H., M.Hum), 3 orang dosen Universitas Trisakti ( Prof. Dr. Eleonora Sofilda, M,Si., Dr. Freddy Harris, S.H., LL.M., dan Prof. Muhammdan Zilal Hamzah, Ph.D.), Ketua BP3L 2019-sekarang (Rafki Hariska, SKM), Indication Geographic Specialist (Giovanni), Manager Aubard Consulting (Audrey Aubard), dan Managing Director at origin (Massimo Vittori).
 
BSIP Babel berperan aktif mendukung penerapan good agriculture practices (GAP), good handling practices (GHP), hingga good manufacturing practices (GMP) guna memperoleh produk berkualitas dan terstandar sebagaimana  karakteristik yang presisi seperti deskripsi IG Muntok Whute Pepper (MWP). Disamping itu, penerapan  standar produksi lada putih tersebut juga sejalan dengan standar baku SNI. Dengan terteranya  label  SNI dan IG MWP di setiap kemasan produk lada putih Babel diharapkan akan meningkatkan pasar dan harga lada sehingga  lebih memacu petani utk kembali membudidayakan lada sebagai komoditas unggulan Babel.